Wednesday, October 11, 2017

Fungsi Lain Iklan Native Google Adsense! Wajib Dicoba!

Yooo Yoooo
Selamat pagi, siang dan malam semuanya para pembaca setia www.rrythien.com

Apa kabar semuanya?
Baik-baik saja kan?

Pada kesempatan kali nih, saya akan kembali membahas ihwal blog, setelah beberapa ahad terakhir ini www.rrythien.com dipenuhi oleh postingan download. Pembahasan blog kali nih bukan mengenai tips menulis maupun SEO melainkan mengenai iklan yang sedang dipakai oleh www.rrythien.com saat ini.


Google Adsense.



google adsense


Merupakan penyedia iklan yang paling dinanti kehadirannya dalam suatu blog atau website untuk memperoleh pundi-pundi dollar. Hampir setiap blog maupun website berharap mampu diterima oleh google adsense dan menerima pundi-pundi dollar tiap bulannya. Tapi, tidak semudah membuat sebuah artikel yang full SEO, untuk menerima sebuah akun dari google adsense membutuhkan proses yang panjang. Melewati dua kali review dengan syarat-syarat yang cukup ketat terkadang membuat para blogger jadi enggan dan berat hati untuk mampu mendapatkannya.

Tapi, bagi kau yang sudah memiliki akun google adsense dan sudah berjalan diblog kau maka postingan ini sangat recommended banget untuk kau baca. Seperti judulnya diatas, yang saya bahas kali nih yaitu salah satu jenis unit iklan yang ditawarkan oleh google adsense yaitu Iklan native Ads.



Iklan native merupakan iklan yang gres saja dikeluarkan oleh pihak google adsense, meskipun jenis iklan ini sudah viral semenjak tahun 2015 tapi, gres di tahun 2017 google adsense melirik unit iklan ini dan menjadikannya salah satu unit iklannya. Jenis iklan native sangat dinikmati oleh para publisher iklan alasannya yaitu tampilan dari iklan tersebut. Iklan native secara otomatis akan menyesuaiakan dengan topik yang sedang dibahas sehingga iklan akan nampak lebih relevan dengan isi blog atau website.

Dengan tampilan yang ibarat itu iklan native tidak akan nampak mengganggu tampilan dari postingan blog yang disajikan alasannya yaitu iklan diadaptasi terhadap topik yang dibahas. Sehingga iklan native nampak ibarat tautan yang memang disajikan untuk bersanding dengan topik postingan.

Namun, dalam beberapa hari setelah penggunaan iklan native tersebut, saya menemukan salah satu keunikan yang ditawarkan oleh iklan native google adsense. Seperti yang kita tahu, iklan native biasanya akan menampilkan iklan yang diadaptasi dengan topik pembahasan dan situs yang disarankan akan diadaptasi kembali ( bukan website kita yang ditampilkan dalam iklan nativenya ).

Tapi, semenjak 2-3 hari terakhir ( semenjak postingan ini dipublish ) iklan native yang ditawarkan oleh google adsense menyajikan iklan yang berbeda.

Coba kau perhatikan screenshot iklan native dibawah ini :


screenshot www.rrythien.com mobile 1
 screenshot www.rrythien.com mobile 1screenshot www.rrythien.com mobile 3

Tampilan blog di mobile


Yup, iklan native yang ditampilkan oleh google adsense bukan situs maupun iklan yang diadaptasi oleh postingan kita, melainkan postingan-postingan yang ada diblog saya diadaptasi berdasarkan label yang ada. Sekilas iklan yang ditampilkan ibarat mirip iklan matched contect dimana menampilkan sejumlah postingan yang memiliki ketertaitan antar postingannya ( biasanya alasannya yaitu satu label postingan ).

Saya berpikir mungkin ini yaitu error alasannya yaitu tidak mungkin iklan yang ditampilkan sama ibarat yang ditampil iklan matched contect. Lalu saya menunggu beberapa menit lagi dan membuka menggunakan device lain. Tapi lagi dan lagi tampilannya iklannya tetap tidak berubah, yang muncul sama ibarat screenshot diatas hanya saja postingan yang disajikan berbeda.

Lalu saya iseng mencoba mengklik iklan native tersebut dan menunggu waktu sekitar 1-2 jam untuk melihat balasannya apakah masuk kliknya apa tidak. Setelah menunggu ternyata kliknya tidak masuk lalu saya mengkira lagi mungkin kliknya invalid, maka saya menggunakan device lain lagi dan mencoba mengklik. 

Kali nih saya coba 2x klik alasannya yaitu saya membuka setiap postingan yang muncul iklan native ibarat itu yang muncul.
Ketika malam saya cek ternyata kliknya juga tidak masuk, padahal ketika saya coba di device terakhir ( yang 2x klik ) saya juga mengklik iklan adsense yang biasa dan kliknya masuk. 

Apakah yang terjadi? Apakah invalid iklan lagi atau tidak?

Lalu saya iseng-iseng melihat jumlah view postingan yang tadi diiklan native, pada jam yang saya klik, tertulis hanya ada 1 view saja disana dan jamnya sama ibarat waktu saya klik tadi. Nah disini saya menerima asumsi bahwa iklan native tersebut tidak menunjukkan dollar kepada saya melainkan pageview kepada saya.

Hal ini berarti dapat kita asumsikan bahwa iklan native yang menyajikan postingan kita sama dengan iklan matched contect dimana publisher tidak diberikan pundi-pundi rupiah atau dollar dalam setiap kliknya melainkan hanya menambah jumlah pageview postingannya.

Apakah hal ini baik atau buruk?

Menurut saya iklan native yang mampu menampilkan iklan ibarat itu menunjukkan pengaruh positif kepada blog kita sendiri. Mengapa? Alasannya simpel alasannya yaitu dalam iklan native ads tersebut kita mampu menerima 2 keuntungan sekaligus. Satu, kita menerima rupiah atau dollar dalam setiap kliknya bila menampilkan iklan relevan dan Dua, kita menerima pageview setiap ada klik yang didapatkan bila menampilkan iklan layaknya iklan matched contect.

Lalu muncul pertanyaan lagi, apakah setiap publisher google adsense mampu menerima iklan native yang ibarat itu?

Untuk pertanyaan itu, saya belum mampu memastikan apakah semua publisher mampu atau enggak. Tapi, setidaknya kau coba saja dulu untuk memasang iklan native ads. Untuk jenis iklan native adsnya gunakan yang in article ( atau didalam konten artikel ) sehingga mampu lebih menyesuaikan dengan setiap postingan tidak universal.
Setelah itu, ada satu hal lagi yang harus kau perhatikan, yaitu jumlah artikel yang sesuai. 

Maksudnya yaitu jumlah artikel dalam 1 label harusnya banyak dan saling relevan antar tiap postingan. Dengan begitu, ketika iklan nativenya muncul, tidak terlalu jauh dengan topik yang disajikan dan akan mengundang orang untuk mengklik iklannya.

Bagaimana? Menarik bukan iklan native yang disajikan oleh google adsense? Jujur saya semakin kesini makin suka dengan iklan-iklan yang diberikan google adsense, alasannya yaitu semakin banyaknya variasi iklan dan semakin relevannya iklan dengan konten sehingga lebih memudahkan kita untuk menerima pundi-pundi dollar.

Sekian pembahasan saya mengenai fungsi lain iklan native google adsense yang wajib banget kau coba, agar kau semua menerima iklan native yang ibarat itu sehingga selain makin banyak dollar yang didapat, pageview blog kita juga akan semakin meningkat.

Akhir kata saya ucapkan terima kasih sudah membaca postingan ini. Semoga isu yang disajikan dalam postingan ini memiliki kegunaan dan membantu kau dalam menjalanin penggunaan google adsense didalam blog kamu.
Dan hingga berjumpa dipostingan selanjutnya, jaa naa :D


Sumber http://www.rrythien.com/


EmoticonEmoticon