Thursday, October 12, 2017

I HATE COPYPASTE !!!



Yoo yooo

Selamat pagi, siang dan malam semuanya para pembaca setia www.rrythien.com

Apa kabar semuanya?

Baik-baik saja kan.

Pada postingan kali nih saya akan membahas suatu topik yang tidak abnormal ditelinga kamu. Terumata kau yang sering kerjain peran dari google. Iya kamuu..






Copypaste


Siapa yang tidak tahu fitur yang ini? Sangat memudahkan sekali untuk mengerjakan peran yang bersumber dari internet.

Tapi pembahasan kali nih bukan untuk ngerjain peran tetapi wacana artikel. Bukan hal yang umum bila beberapa blog banyak ditemukan memiliki satu artikel saya sama persis. Baik isi, posisi paragraf bahkan titik komanya. Hal tersebut ialah copypaste isi artikel.

Sebenarnya dalam dunia blog untuk urusan copypaste isi artikel tidak terlalu dipermasalahkan. Bagi beberapa blog indonesia (terutama niche berita) banyak yang mengambil informasi dari blog luar negeri lalu mereka translate dan diposting kembali.


Hal itu tidaklah salah malah cantik alasannya tidak semua visitor fasih dalam bahasa selain bahasa indonesia. Tapi hal tersebut banyak yang memaklumi alasannya tetap didalam artikel selalu terdapat source/sumber artikel itu berasal.


Peletakkan sumber ini malah memperlihatkan dampak yang baik untuk kedua blog (sumber awal dan pempublish baru). Karena keduanya mampu menerima backlink secara cuma-cuma dan semakin memperkenalkan blog ke visitor yang membaca. Dampak yang sangat kasatmata untuk perkembangan blog.


Tapi akhir-akhir ini tetapnya beberapa ahad yang lalu saya mengalami hal copypaste terhadap blog saya ( januari 2017)


Maksudnya bang?


Sekitar 20 artikel saya dicopypaste mentah-mentah tanpa adanya pengeditan ataupun peletakkan sumber. Baik isi bahkan hingga titik koma dan gambarnya semuanya sama tanpa ada beda sama yang pernah saya posting.



daftar link copypaste
nyesek 20 postingan :v


Terjadinya hal ini sontak membuat saya sedikit emosi dan marah, alasannya beberapa artikel yang sudah capek saya buat dicopypaste tanpa ada izin maupun peletakkan sumber artikel asli.


Saya yang sudah terbawa emosi pribadi melaporkan ke pihak google terkaitan plagiat ataupun duplikat artikel tanpa adanya izin.

20 artikel dari blog copypaste itu saya laporkan pribadi dan berharap tindakan dari google kepada sang copypaste.

Tindakan copypaste ibarat itu tidak ada baiknya malah mengakibatkan kerugian kepada si penulis artikel. Tindakan-tindakan yang ibarat inilah yang harus dihindari oleh para blogger.

Karena kalau kau melakukannya maka visitor atau orang yang melihat blog kau akan berpikiran buruk.

Apa saja pikiran buruk tersebut? Saya coba merangkumnya menjadi 4 poin saja. Yuk kita simak apa saja itu.



1. Tidak Menghargai Author Artikel


Yuuupp.. Jika kau melaksanakan copypaste artikel-artikel dari website/blog yang terkenal maka kau tidak menghargai hasil pekerjaan mereka.


Mereka yang sudah bersusah payah mencari ide, fakta-fakta dan merangkainya menjadi suatu artikel utuh yang memakan waktu lama, lalu kau dengan gampangnya pribadi merepost artikel tersebut.



Apakah itu baik?

Yang ada kau malah dicap makin buruk. Terutama oleh para visitor kau yang merupakan visitor tetap dari blog copasan kamu.
Blog kau akan dianggap plagiat dan tidak cantik oleh mereka.

Ujungnya blog kau malah makin sepi pengunjung dan dicap jelek oleh visitor yang datang.



2. Pembunuh Blogger Muda


Mungkin mendengar katanya sedikit kejam dan kasar, tapi itulah yang terjadi.


Banyak saya temui blogger-blogger muda atau pemula memiliki tulisan-tulisan tidak kalah dengan blogger professional atau senior.


Tapi, ada kalanya banyak yang dari blogger muda ini meskipun memiliki tulisan yang bagus tetapi stop tengah jalan dan bahkan berhenti.


Kenapa?

Karena tulisan yang capek mereka kerjakan dicopas oleh blog yang lebih professional dari dia.
Diblognya sendiri tulisannya sepi pengunjung, tapi diblog professional yang mencopas artikelnya secara utuh malah menerima banyak pengunjung.

Sangat berbanding terbalik, tapi secara tidak sadar inilah yang terjadi. Hal ini alasannya tidak terlalu terexposenya blogger muda tadi, so orang pun tidak menyadari itu ialah tindakan copas.




3. Tidak Punya Sopan Santun


Sejak kita menyentuh dingklik sekolah, kita selalu diajarkan biar selalu meminta izin kalau ingin meminjam atau meminta barang kepada pemiliknya.


Nah untuk para copas gimana?

Pasti kau sudah tahu jawabannya.

Setidaknya kalau kau tidak meminta izin kepada authornya, kau mampu melaksanakan cara lain dengan meletakkan sumber asal artikel tersebut.

Dengan hal tersebut orang pun mengerti bahwa kau hanya merepost ataupun referensi dari sumber aslinya. Orang pun tidak beranggapan bahwa goresan pena tadi hasil copas.

Selain itu juga itu mampu menjadi keuntungan kedua blog.

Blog disana dapat backlink, blog kau dapat good respon dari visitor. So sama-sama untung.


4. Plagiat

plagiat


Cap plagiat paling susah dilepaskan, alasannya dimindset orang/visitor bahwa blog kau plagiat atau tidak punya ciri khas sendiri.

Meskipun kau mulai tidak melaksanakan copas lagi, tapi cap plagiat itu tetap melekat diblog kamu.

Hal ini akan berdampak fatal kepada blog kamu. Bisa-bisa kalau ada yang melaporkan kegoogle maybe mampu kena sandbox / peringatan.

Padahal hal yang kita lakukan sudah benar.

Nah daripada hingga terlibat cap plagiat itu, ada baiknya kau urungkan saja niat copas tersebut.



Lebih baik sedikit tapi murni, daripada banyak tapi copas.



Sekian penjelasan saya mengenai "i hate copypaste", terima kasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca goresan pena ini. Jika ada yang tersinggung atau salah makna mohon maaf.


Artikel ini dibuat didasarkan kekesalan saya alasannya terkena aktivitas copypaste terhadap blog ini oleh saya satu blog plagiat gak jelas.

Yang buat saya kesal jumlah copypaste dan caranya. 20 artikel secara mentah tanpa ada pengeditan sedikit pun dipost diblognya.

Sekali lagi saya ingatkan, ada baiknya kita memiliki sedikit artikel tapi berkualitas dan original buatan kita sendiri daripada banyak tapi copas semua. Tidak ada artinya semua itu.



mata nee


Akhir kata daripada saya jerumus kecurcol hihi saya ucapkan sekali lagi terima kasih sudah membaca postingan ini dan hingga berjumpa dipostingan berikutnya, jaa nee :D

Sumber http://www.rrythien.com/


EmoticonEmoticon