Thursday, October 12, 2017

Perhatikan Hal Berikut Dalam Menulis Artikel Panjang !

Tags

Yooo yooo
Selamat pagi, siang dan malam para pembaca setia www.rrythien.com.

Apa kabarnya semua?
Baik-baik aja kan?

Pada kesempatan kali nih saya akan membahas mengenai artikel panjang.
Yup menyerupai dijudulnya sebelum kau menulis sebuah artikel yang panjang, kau harus memperhatikan beberapa hal kecil yang mampu membuat artikel panjang kau lebih menarik untuk dibaca.


Hal yang harus diperhatikan Dalam Menulis Artikel Panjang



Hal yang harus diperhatikan Dalam Menulis Artikel Panjang



Dalam menulis artikel panjang, seseorang dipaksa untuk terus berkonsentrasi dengan apa tulisannya sehingga sesuai topik pembahasannya. Namun ada kalanya, sebab terlalu asyik dalam menulis terkadang kita secara tidak sadar melaksanakan beberapa goresan pena yang bahwasanya tidak perlu dibuat.

Karena hal tersebut membuat bobot dari artikel kita sedikit berkurang. Hal menyerupai inilah yang harus kita hindari, sehingga artikel panjang yang kita buat tidak sia-sia.

Lalu apa saja yang harus kita hindari saat sedang menulis sebuah artikel panjang?


1. Tetap Relevan Dengan Topik Pembahasan


Ada kalanya saat menulis sesuatu yang panjang, otak kita secara tiba-tiba muncul banyak ilham tulisan. Kita pun secara reflek menuliskan semua ilham tersebut sebab takut tidak menerima ilham menyerupai itu lagi.

Tapi secara tidak sadar, dari banyak ide-ide yang muncul tersebut ada yang tidak sesuai dengan topik kita tuliskan. Hal ini pun kita tidak sadarin dan terus menulis tanpa melihat hal tersebut.
Terlebih lagi kalau kita tidak membaca ulang goresan pena kita, maka ide-ide tersebut telah bersatu padu dengan goresan pena kita, walaupun tak relevan dengan topik pembahasan.

Sebagai contoh, kalau kau sedang membahas topik "cara menggunakan photoshop" lalu secara tidak sadar kau menyinggung perihal "coreldraw".
Nyambungkah dengan topik utama?
Tidak kan. 


Baca Juga : 4 tahapan membuat artikel

Pembaca pun akan heran dengan goresan pena kamu, ini bahasnya photoshop atau coreldraw.
Hal ini akan berdampak tidak baik bagi pembaca. Karena topik yang dibahas tidak sesuai.

Jadi kalau kau sudah siap dalam menulis artikel panjangnya, ada baiknya perhatikan lagi setiap kalimat dan paragraf apakah masih terkoordinasi baik dalam satu tema atau gak.
Jika tidak kau masih mampu memperbaiki semoga tetap dalam satu koridor tema tulisan.


2. Jangan terlalu banyak kalimat basa-basi


Dalam artikel yang kita pada blog, apa inti dari goresan pena yang kita buat?
Pasti sebuah gosip kan?

Nah kebanyakan dari kita (meskipun tidak semua) dalam menulis panjang sering terbawa arus goresan pena sendiri. Maksudnya kita sering menulis sesuatu yang bahwasanya tidak ada gosip secara terang atau hanya sekedar basa-basi untuk menambah panjang sebuah tulisan.

Meskipun goresan pena yang tanpa basa-basi seakan tampak bosan untuk dibaca. Tapi, bagaimana kalau terlalu banyak apa yang terjadi?
Malah makin bosan, sebab gundah bahwasanya apa gosip yang disampaikan. Tidak nampak dengan terang sebab terlalu banyaknya kalimat yang tidak jelas.


Baca Juga : Cara Meningkatkan DA dan PA Blog

Lalu apakah kita tidak menggunakan kalimat basa-basi dalam membuat artikel?
Jawabannya sederhana.
Tetap menggunakan tapi masih dalam batas wajar. Maksudnya hanya sekedar untuk semoga tidak bosan dalam membaca atau ada sedikit hiburan dalam tulisan.

Lalu pertanyaan timbul lagi, berapa banyakkah kalimatnya kita gunakan?
Itu semua tergantung kamu. Yup kamu, sebab kau yang menulis artikel tersebut. Kamu yang berhak menentukan sendiri seberapa banyak atau perlu tidaknya menggunakan. Tidak ada aturan secara pasti, balik lagi kau yang buat aturan tersebut dalam penulisan.


3. Tidak Bosanin

aku bosaaaan!!

Seperti yang saya bilang di no.2 , kalau artikel yang panjang banyak yang meninggalkannya sebab bosan.
Ya sebab kita tahu tidak semua orang suka membaca secara panjang-panjang. Ada yang hanya suka artikel pendek-pendek yang penting dapet infonya.

So untuk menjaga pembaca tidak bosan membaca goresan pena kamu, kau mampu menambahkan gambar-gambar yang sedikit diluar topik untuk mencair sedikit suasana atau kalimat-kalimat yang mengundang sedikit tawa sehingga pembaca tetap kalem membaca artikel kamu.

Karena kita tahu butuh waktu > 1-2 menit kalau membaca artikel diatas 600 kata. Selain cara foto atau kalimat diatas, kau juga mampu melaksanakan dengan cara berinteraksi.

Maksudnya?
Buatlah kalimat-kalimat seakan kau sedang berinteraksi eksklusif dengan pembaca, sehingga pembaca merasa menyerupai sedang berbicara secara empat dengan kamu.
Atau lebih tepatnya, kau melibatkan secara eksklusif pembaca kau sendiri.

Untuk contohnya yang lebih kongkrit, kau mampu membaca tips ngeblog dari mas sugeng. Disana kita mampu lihat, mas sugeng dalam tulisannya nampak terang seakan sedang melaksanakan interaksi kepada pembaca secara tidak langsung.

Apakah bosan saat membaca tulisannya? Gak kan. Nah cara menyerupai itu mampu kau lakukan dalam goresan pena kamh sehingga pembaca jadi tidak mudah bosan membaca goresan pena kamu.


sampai berjumpa dipostingan berikutnya jaa nee


Sekian pembahasan saya mengenai hal yang harus diperhatikan saat menulis artikel panjang.
Semoga dengan membaca penjelasan diatas mampu membuat kau lebih baik lagi dalam menuliskan artikel yang panjang.

Oh ya saya dalam share tips-tips ngeblog ini bukan maksud saya untukk mendahului para sesepuh didunia blogging ataupun mengurui siapapun, tapi saya hanya mengshare apa yang saya alami dan saya pelajari selama jadi seorang blogger.
Saya menyerupai kau semua, masih tahap mencar ilmu dalam dunia blogger. So, mampu dibilang dalam sharing ini kita sama-sama belajar, baik kau maupun saya. 

Akhir kata saya ucapkan terima kasih dan semoga goresan pena diatas menunjukkan manfaat kepada kau semua yang membaca.
Sampai berjumpa di postingan berikutnya,jaa nee.

Sumber http://www.rrythien.com/


EmoticonEmoticon