Wednesday, October 11, 2017

[ Review ] Pembahasan Chapter 4 - BIFURCATION - HEARTXBREAK

Yooo Yooo
Selamat pagi, siang dan malam semuanya para pembaca setia www.rrythien.com

Apa kabarnya semuanya?
Baik saja kan?


Melanjutkan sequel Komik JKT48 - HeartXBreak yang terbit tiap final bulannya, kali nih sudah memasuki chapter ke-4. 
Chapter ke-4 yang berjudul "Bifurcation" lebih mengarah mengenai 7royal setelah kepergian pemimpinnya Vienny dan penyerangan Vill terhadap Ve. Apakah tindakan selanjutnya dari 7Royal dan siapakah yang akan mengisi kekosongan pemimpin tersebut?

Oke eksklusif saja daripada penasaran kita masuk kepembahasannya.


BIFURCATION




Pada awal chapter ke-4, huruf yang paling sedikit menerima jatah muncul pada 3 chapter sebelumnya yaitu Yona, akhrinya muncul kembali dengan masuk dalam beberapa panel yang lumayan banyak.
Kemunculan Yona dibarengi dengan sedang scene ia sedang diwawancarai oleh Andra.
Andra yang kita ketahui pada chapter awal ( Chapter 0 ) yaitu seorang sobat masa kecil Yupi dan juga merupakan seorang blogger yang fokus membahas wacana I.D.O.L

Jika kita mengingat kembali pada chapter sebelumnya, janjkematian Vienny menjadikan banyak polemik baik dari Markas I.D.O.L, bahkan perseorangan 7Royal. Berdasarkan hal ini, Andra memutuskan untuk mewawancarai semua anggota yang bekerjasama secara tidak eksklusif kepada Vienny.

Subject pertama yang ia wawancarai yaitu Yona, yang notabene ialah Head Staff of Tech Machine, dimana sangat bekerjasama erat dengan perkerjaan Vienny dibidang peralatan tempurnya (mesin). 
Awalnya berjalan dengan lancar wawancara mereka berdua, hingga ...

Akhirnya sebuah pertanyaan secara mengejutkan keluar dari Andra.

"Apakah 7Royal tahu wacana Eksistensi Vill?"

Sontak alasannya mendengar pertanyaan ini membuat Yona terkejut. Karena kalau kita mengingat lagi pada chapter 0, ketika kemunculan pertama kali huruf yona, ia sedang menyerahkan sebuah dokumen mengenai terdapatnya sinyal asing yang berinisial "VILL".

Yup, VILL, nama yang sama yang menyerang perpustakaan dan Vienny hingga tewas.



Berharap menerima jawaban yang bersama-sama dari kak Yona.
Eh malahan kak Yona dengan sedikit menutupi sesuatu menolak menjawab pertanyaan dari Andra.



Oh ya bagi kau yang penasaran juga terhadap Yuvia sang huruf utama, kau tak perlu risau. Walaupun pada chapter sebelumnya ia nampak sangat stres akan kehilangan kak Vienny dan juga resah bagaimana untuk lanjut kedepannya.

Tapi tapi.
Sekali lagi hening saja.

Yup secara mengejutkan ternyata setelah kepergian dari kak Vienny, yang kemudia mengurus Yuvia yaitu Yona.
Yona menawarkan tempat untuk Yuvia tinggal dan sekaligus merawat Yuvia.

Yona mengatakan bahwa ia melaksanakan ini demi diri Yuvia sendiri dan Valkrie. ( kak vienny ).

So huruf utama wanitanya tetap terselamatkan.


Oke kita tinggalkan problem huruf utama wanitanya, kembali ke jalan cerita.
Seperti yang diceritakan diawal chapter ke-4, Andra mencoba mengumpulkan informasi secara detail mengenai korelasi para 7Royal terhadap meninggalnya Valkrie / Kak Vienny.

Setelah mewawancarai Yona, subject selanjutnya yang diwawancarainya yaitu Kinal a.k.a Athena .

Dalam beberapa chapter ke belakang, sering sekali diceritakan kedekatan secara tidak eksklusif antara Kinal a.k.a athena dengna Vienny a.k.a Valkrie.

Baca Juga : Review HeartXBreak Chapter 3

Hal ini juga yang mendasari mengapa Andra mengambil subject keduanya yaitu Kinal. Dan sama ibarat yang ia lakukan kepada Yona, ia juga bertanya mengenai eksistensi VILL.
Ia secara terang-terangan menanyakan " apakah 7Royal sudah tahu wacana eksistensi atau bahaya dari Vill dan merahasiakannya demi masyarakat?"

Mendengar pertanyaan ibarat itu, kinal sedikit terkejut bahwasannya apa yang menjadi landasan Andra berani menanyakan hal tersebut.

Andra pun berdahli dengan berkata , " Aku tak sengaja tahu bahwa Viviyona, menawarkan laporan satelit pelacak sinyal asing dengan goresan pena nama Vill pada Valkrie.
Dan agak asing bahwa Tempest memutuskan hanya tiga dari 7Royal yang pergi ke tempat serangan. Sementara sisa 4 anggota lain seakan diminta menjaga Mandala!
Kalau Vill yaitu pihak,misterius dan melaksanakan serangan tiba-tiba. Tak mungkin tempest mengeluarkan keputusan asing ibarat itu , apalagi ..... "

Belum siap Andra berbicara, Kinal eksklusif memotong pembicaraan Andra dan eksklusif menjelaskan apa yang bersama-sama terjadi.

" Kamu tahu akhir rasa takut alasannya ketidakpastian? Itu menghancurkan setiap pikiran logismu. Membuatmu takut.. Itu alasan kenapa tempest merahasiakn informasi mengenai Vill. 
Berbulan - bulan lalu, jasus kami mengetahui bahwa sejumlah markas teroris diserang dan hancur. Kami sangka mereka saling menyerang, perang antar terotis. Lalu kami menemukan suatu nama tertulis dengan darah, disalah satu tkp.. "

VILL...

" Kami tak tahu itu nama seseorang atau grup. Bahkan apakah itu betulan atau tak sengaja. Makara kami tidak memperdulikan itu, kecuali Valkrie. 
Tak tahu bagaimana, tapi Valkrie berhasil mencuri sinyal acak yang mengulang kata "VILL" tiga kali dan kalimat " Bunuh-serang Mandala."


Tempest lalu meminta valkrie mencari asal sinnyal tersebut dan meminta kami semua merahasiakannya. Bahwa sesuatu atau seseorang mampu saja menyerang mandala. 30 jam kemudian, VILL menyerang perpustakaan. "

Mendengar penjelasan lengkap Andra hanya mampu berkata " Valkrie mampu saja selamat kan? "

Baca Juga : Review HeartXBreak Chapter 2

Kinal melanjutkan penjelasannya , " Kalau beliau menjaga Mandala, bukan ke perpustakan. Mungkin iya,mungkin tidak. Valkrie salah satu yang terkuat. Makara dikerahkan ke tempat prioritas, yaitu pemukiman penduduk. Kami yaitu pahlawan, Andra. Kami punya beban untuk tidak takut pada ketidakpastian dan berkorban demi keselamatan masyarakat. Beban yang insan biasa sepertimu tidak bisa. "

Setelah lengkap penjelasan dari kinal, kinal pun eksklusif pamit dan berpesan , " Ingat off the record dan rahasia."


Jika kita melihat diawal sebelum pembicaraan panjang ini, bersama-sama Kinal tidak terlalu ingin untuk membahasnya, tapi alasannya Andra berkata bahwa ini "Off the record ! " membuat Kinal angkat bicara mengenai apa yang ditanyakan oleh Andra tadi.







Setelah pembicaraan dengan kinal tadi selesai, ternyata konflik belum selesai.

VE MENGHILANG !!!!

Diadakan oleh Hiro Invao ( Head Manager for Mandala Facility ) meeting secara mendadak untuk membahas apa yang akan dilakukan 7Royal setelah kejadian kemarin dan tidak adanya lagi komando / kapten, alasannya Vienny sudah meninggal.

Tapi, ada yang asing begitu dimeeting dimulai, yaitu hilangnya Ve / Veranda. Kalau kita perhatikan pada chapter sebelumnya memang Ve sedang diserang habis-habisan hingga kekuatannya diambil tapi...

Baca Juga : Review HeartXBreak Chapter 1

Ada yang mengganjal dihati saya. Apakah hilangnya Ve ini dipaksakan alasannya ibarat yang kita tahu beberapa hari setelah perilisan chapter ini, Ve sudah menyelesaikan last stagenya dan resmi graduate dari JKT48.
Dan HeartXBreak sendiri merupakan project JKT48, sedangkan Ve sudah tidak lagi member JKT48, apkaah ini ada hubungannya atau tidak?
Saya belum tahu pastinya, semoga ada jawabannya di chapter berikutnya.

Oke, balik lagi ke topik.
Kinal yang merupakan sobat bersahabat Ve tidak percaya begitu saja dengan kabar ini. Tidak mungkin seorang veranda mengundurkan diri dengan dasar tidak besar lengan berkuasa mental atas apa yang dihadapinya dan stres setelah menghadapi janjkematian dari Valkrie.
Semua baju-bajunya hilang dan regularotnya tidak mampu terlacak, hanya ada terhadapt sebuah surat yang menyatakan dirinya mundur.

Kinal pun meminta surat yang menyatakan bahwa ia mengundurkan diri dan ditulis oleh Veranda.

Awalnya Kinal masih tidak percaya, ternyata benar goresan pena yang ada disurat tersebut yaitu benar-benar goresan pena tangan dari Veranda sendiri.






Kekosongan pun melanda pimpinan dan wakil tempest, dimana Valkrie sudah tidak ada selaku Pimpinan, ditambah lagi Veranda yang mengundurkan diri dimana ia berjabat sebagai wakil. Untuk mengisi kekosongan itu, Hiro Invao  pun memutuskan untuk melaksanakan " Peraturan darurat RDVLT-48" yang berisi : " pemimpin sementara atau interim yaitu juara dua ketika seleksi. "

Berujuk berdasarkan itu, maka Matron a.k.a Melody mengambil alih pimpinan tempest.
Tapi...
Konflik terjadi lagi.
Melody eksklusif mengutarakan pendapatnya dan memutuskan tindakan selanjutnya yang akan dilakukan tempest.

Melody : " Keputusan ve utnuk merahasiakan eksistensi VILL agar masyarakat tidak panik dan menunggu lebih banyak informasi sebelum bertindak harusnys berakhir ketika Vienny gugur. Sekarang Dia kabur dan meninggalkan kita, dan kita masih mengikuti keputusannya? Tidak lagi !!

Tak ada lagi rahasia, kita buka eksistensi VILL ke media massa. Agar setiap episode dari masyarakat siap dan sadar akan VILL.  Lalu kita punya lebih banyak mata dan pendengaran dalam mencari VILL, ketika semua orang tahu wacana ini.
Kita buat tim terbaik untuk bernagkat memburu VILL , menyisir setiap jaringan kriminal dan tetoris. Cari, temukan, hancurkan apapun yang mencurigakan!"


Pernyataan Melody tersebut membuat Kinal tidak terima, alasannya tidak sesuai dengan ve inginkan sebelum ia meninggal. Terlebih lagi sekarang mental semua orang sudah rusak, siapa lagi akan yang maju kebarisan depan?

Baca Juga : Review HeartXBreak Chapter 0

Hal ini pun membuat Kinal melaksanakan keputusan yang berani, sesuai dengan RDVLT-48  kinal menyatakan keberatan atas keputusan Melody sebagai pemimpin tempest. Ini menyebabkan dilakukanya Voting untuk menentukan siapa menjadi pemimpin tempest.

Terdapat 3 suara, Shanai, Ayana dan Nabilah.

Shania pun yang sedari tadi diam, eksklusif ikut bersuara menyatakan dukungannya kepada perkataan Kinal. Di lain pihak, Ayana malah menyatakan dukungannya kepada Melody,

Dan tersisa 1 bunyi yaitu Nabilah. Nabilah pun memilih.

Abstain.

Keputusannya sangat sampaumur berbeda jauh dengan umurnya yang paling muda.

Nabilah memilih abstain alasannya menganggap semua yang mereka sedang lakukan ini didasari oleh emosi mereka.

Mereka sudah lupa akan jasa vienny dan peristiwa hilangnya Ve, mereka seakan hanya mementingkan urusan untuk menghentikan VILL saja.




Dengan begitu balasannya sama-sama 1 melawan 1, akhrinya keputusan siapakah yang akan menjadi komando dari tempest akan diselesaikan di BATTLE ROYAL!!!



Sekian peristiwa yang terjadi pada chapter ke-4 ini banyak ketegangan dan drama yang disajikan, terlebih lagi masih banyak misteri yang belum terungkap dalam ceritanya khas kosmik.id

Demikian pembahasan chapter ke-4 HeartXBreak - BIFURCATION, kalau ada yang salah mohon dimanfaatkan.

Oh ya kalau gambar sedikit kabur, ini memang dari sumbernya ibarat itu, menurut saya saja atau tidak semenjak chapter 3, kualitas gambar yang disajikan sedikit kurang atau nampak blur. Semoga saja kedepannya kosmik.id mampu memperbaikinya lagi.

Bagi kau yang ingin membacanya secara full mampu di kosmik.id atau klik disini,
Atau bagi yang pengguna android mampu unduh aplikasinya dipaystore dengan keyword "Kosmik" atau klik link berikut Kosmik

Akhir kata saya ucapkan sekali lagi terima kasih sudah membaca review pembahasan chapter ke-4 HeartXBreak - BIFURCATION, semoga kau semua puas dengan reviewnya. Dan hingga berjumpa dipostingan berikutnya, jaa naa :D

Sumber http://www.rrythien.com/


EmoticonEmoticon